Kuas Kecil untuk Melukis

Kuas Kecil untuk Melukis

Kuas Kecil untuk Melukis – Dapat dikatakan bahwa lukisan yang terlihat bagus pasti menggunakan kuas lukis yang tepat. Detail lukisan dari sapuan kecil hingga besar hanya bisa diperoleh dari kuas yang sempurna. Oleh karena itu, kamu perlu memilah kuas kecil untuk melukis.

Setidaknya ada 10 tipe kuas kecil untuk melukis yang bisa digunakan baik oleh pelukis pemula atau profesional. Jika kamu memiliki semua tipe kuas tersebut, kamu punya lebih banyak kesempatan untuk membuat sapuan yang berbeda. Berikut ini tipe kuas cat beserta fungsinya yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk melukis.

1. Kuas Pel atau Mop Brus
Sumber gambar: Amazon

Kuas tipe ini biasanya digunakan untuk menutupi area lukis yang luas, seperti saat membuat background. Bentuk ujung kuas nya bulat atau ovel dan agak mengembang, seperti brush bedak untuk wajah. Bedanya kuas ini ukurannya lebih kecil.

kuas pel ini tidak boleh direndam terlalu lama dalam air, karena dapat membuat bulu kuas menjadi kasar. Jadi, setelah selesai mencuci kuas lukis segera dikeringkan dengan baik, baru disimpan.

2. Kuas Datar atau Flat Brush

Merupakan kuas kecil untuk melukis yang paling serbaguna. Kuas ini memiliki ujung atau tepian kuas yang datar dan lebar ke samping, tapi bulunya tidak tebal. Kuas datar bisa digunakan untuk sapuan seperti kuas pel, mempertajam garis tepi, membuat batas lukisan, dan lainnya.

3. Kuas Riger atau Rigger Brush

Kuas ini memiliki bulu kuas yang sangat sedikit, namun memanjang. Meski bulu kuasnya sedikit, namun kuas riger bisa menampung atau menyerap cat dalam jumlah banyak. Sehingga kuas lukis ini sangat bagus digunakan untuk membuat huruf, garis besar, kaligrafi, atau membuat elemen seperti daun, gelombang, dan lainnya.

4. Kuas Kipas atau Fun Brush
Sumber gambar: Pinterest

Seperti namanya, kuas ini memiliki bentuk seperti kipas. Peranannya juga dalam melukis tidak banyak, jadi tak ada pun sepertinya tidak masalah. Jika kamu terlanjur membelinya, kuas kipas bisa digunakan untuk menambahkan tekstur atau menyapu sisa produk yang menempel di permukaan lukisan.

5. Kuas Cerah atau Bright Brush

Kuas kecil untuk melukis ini bentuknya mirip kuas datar. Bulu kuasnya sangat kaku, jadi hanya cocok digunakan untuk membuat sapuan yang pendek dan jelas.

Jika kuas ini digunakan untuk membuat sapuan berulang di tempat yang sama dengan cat basah berbeda. Kemungkinan cat bagian bawahnya akan ikut terbawa. Oleh karena itu, kuas cerah ini lebih baik digunakan untuk mengecat area yang belum di lukis.

6. Kuas Miring atau Angled Brush

Bentuk ujung kuasnya miring, sangat bagus digunakan untuk mengecat tepi yang bulat. Kamu tak perlu khawatir, dengan kuas miring, tidak ada tepian yang kotor karena cat nya berantakan.

7. Kuas Lukis Bulat atau Round Brush

Adalah kuas lukis yang paling pasaran dan serbaguna. Kuas ini bahkan sudah digunakan saat kita masih kanak-kanak untuk tugas melukis. Round brush memiliki dua bentuk pada ujungnya, ada yang tumpul/tebal dan lebih runcing.

Bagian yang tumpul/tebal digunakan untuk mengecat area yang luas. Sementara ujung lebih runcing digunakan untuk melukis detail. Kuas lukis ini bisa digunakan untuk beberapa teknik melukis, dengan mengatur tekanan yang diberikan saat menyapu cat.

Untuk seorang pemula atau orang yang tidak menekuni seni lukis lebih dalam, hanya untuk kesenangan. Kamu hanya perlu membeli kuas bulat Kuas ini sangat mutifungsi dan harganya murah. Kalau kamu tertarik, klik di sini untuk membelinya di percetakan online lautan display.

8. Kuas Linear

Kuas ini lebih tipis dari kuas bulat. Biasanya digunakan untuk menandatangani lukisan yang telah dibuat atau menulis surat. Agar bekerja dengan baik, perlu dicelupkan pada tinta, bukan cat akrilik atau cat air.

9. Wash Brush

Karena bentuknya yang lebar dan besar, kuas wash brush ideal digunakan untuk mengecat permukaan yang luas dengan cepat. Kuas ini bisa digunakan untuk keperluan di luar melukis. Kamu tak perlu memilikinya.

10. Kuas Filbert atau Filbert Brush
Sumber gambar: Pinterest

Kuas lukis ini mirip dengan kuas untuk membuat eye shadow. Memiliki berbagai bentuk tepi yang berbeda, jadi bisa digunakan untuk banyak hal.

Daftar kuas di atas sudah menampilkan hampir keseluruhan dari kuas kecil untuk melukis yang ada. Pemahaman terhadap bentuk dan fungsi kuas, akan sangat membantu kamu dalam belajar melukis. Terlebih jika kamu berminat untuk memperdalam pengetahuan soal seni lukis.

Semoga Membantu!

Leave a Reply

Artikel Terkait

Foto Banner Pernikahan

Foto Banner Pernikahan

Foto Banner Pernikahan Foto Banner Pernikahan – Masa masa penuh tantangan sebelum menikah adalah mempersiapkan pernikahan. Ada banyak sekali yang

Jual Standing Banner Kayu

Jual Standing Banner Kayu

Standing Banner Kayu Jual Standing Banner Kayu – Kami adalah supplier standing banner kayu dalam negeri yang menjual aneka stand

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping