Cara Membersihkan Kanvas Lukis

Cara Membersihkan Kanvas Lukis

Kanvas Lukis – Cara membersihkan kanvas Lukis dari cat hasil pewarnaan sebelumnya dapat dilakukan dengan banyak cara. Masing-masing cat Lukis harus dibersihkan dengan cara yang berbeda, tidak bisa sama. Karena ada cat yang bisa dibersihkan hanya dengan air dan sabun, speerti cat air. Ada juga yang memerlukan tambahan bahan atau alat lain.

Untuk membersihkan cat akrilik dan cat minyak pada kanvas Lukis, diperlukan bahan tambahan selain sabun dan air. Ada proses panjang juga sebelum benar-benar bisa membersihkannya agar putih bersih. Disarankan untuk membeli kanvas baru saja di percetakan online. Namun, jika kamu tetap berkeras ingin menggunakan kanvas kembali, ikuti cara membersihkan kanvas lukis di bawah ini.

Cara Membersihkan Kanvas Lukis Dari Cat Watercolor

Sudah disebutkan sebelumnya, cat air bisa dengan mudah dibersihkan dengan air lagi. Karena cat ini mudah dibersihkan dan cepat kering. Dalam keadaan cat basah bahkan kering sekalipun, air masih bisa melunturkan warna cat yang ada di atas permukaan kanvas. Cara membersihkannya sebagai berikut:

  1. Siapkan kanvas di ruang terbuka atau ditempat cuci
  2. Siram kanvas dengan air, agar cat Lukis yang menempel menjadi lembab
  3. Tambahkan sabun, gunakan busa untuk menggosoknya pada permukaan kanvas
  4. Siram kembali dengan air sampai cat turun dari kanvas. Jika ada yang masing tersisa, gunakan busa untuk membersihkan sisa-sisanya sekaligus mengeringkan kanvas
  5. Jemur untuk mengeringkan kanvas
  6. Kanvas baru bisa digunakan kembali setelah kanvas kering
Membersihkan Kanvas Lukis Dari Cat akrilik

Cara membersihkan kanvas lukis dari cat akrilik, memerlukan beberapa tahapan. Kamu bisa mulai menyiapkan amplas untuk pertama-tama.

Hilangkan Tekstur Pada Kanvas
  1. Gunakan amplas dengan grit 120 untuk menghaluskan setiap permukaan kanvas
  2. Gosokkan amplas pada permukaan yang bertekstur atau menonjol. Gosok sampai permukaannya rata seperti bagian yang lain. Karena jika masih ada bagian yang bertekstur atau menonjol, saat kanvas digunakan kembali untuk melukis, hasilnya tekstur akan terlihat pada lukisan yang baru.
  3. Tekan amplas dengan kuat, tapi jangan sampai merusak kanvas.
  4. Cara ini akan sangat cocok jika sebelumnya kanvas diwarnai dengan ringan.
Buat Lapisan Putih Pada Kanvas
  1. Setelah kanvas Lukis halus, sebaiknya buat lapisan baru dengan menggunakan cat akrilik putih.
  2. Oleskan bolak balik menggunakan kuas Lukis dengan arah yang sama. Jangan terlalu tebal.
  3. Simpan kanvas di tempat sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan cat mengering.
  4. Jika dengan lapisan pertama luksian aslinya masih terlihat. Oleskan lagi cat akrilik putih.
  5. Oleskan bolak-balik dengan arah yang berbeda dari lapisan pertama. Jika sebelumnya dioles horizontal, maka selanjutnya vertical.

Itulah cara membersihkan kanvas Lukis dari cat akrilik dan cat air sehingga bisa digunakan kembali. Jika ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan permukaan belakang kanvas untuk melukis. Jadi kanvas akan diwarnai menjadi dua sisi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Artikel Terkait

Foto Banner Pernikahan

Foto Banner Pernikahan

Foto Banner Pernikahan Foto Banner Pernikahan – Masa masa penuh tantangan sebelum menikah adalah mempersiapkan pernikahan. Ada banyak sekali yang

Jual Standing Banner Kayu

Jual Standing Banner Kayu

Standing Banner Kayu Jual Standing Banner Kayu – Kami adalah supplier standing banner kayu dalam negeri yang menjual aneka stand

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping