Jenis Jenis Cat Akrilik

Jenis Jenis Cat Akrilik 

Jenis Jenis Cat Akrilik – Membeli cat akrilik saat Anda pemula mungkin tampak menakutkan. Karena ada begitu banyak merek, warna, dan variasi yang dapat dipilih. Tapi jangan khawatir!

Halaman ini akan membantu Anda menemukan jenis-jenis cat akrilik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Jadi, mari kita mulai! Ketika berbelanja cat akrilik, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor. Mulai dari kualitas, warna, ketahanan, viskositas, tube, toples atau wadah, waktu pengeringan, dan juga merek cat lukis.

Bagi pelukis atau seniman pemula, memulai dengan cat akrilik tanpa merek tidak jadi  masalah. Apalagi jika kegiatan ini hanya sekedar hobi tanpa niat ditekuni lebih lanjut.

Karena, jika kegiatan melukis ditekuni harganya untuk melukis bisa dibilang “mahal”.

Sudah siap untuk memilih jenis-jenis cat akrilik yang sesuai kebutuhan kamu saat ini? berikut uraiannya.

Jenis Jenis Cat Akrilik

Kualitas Cat

Anda dapat membeli cat akrilik dalam dua tingkatan: kualitas seniman dan kualitas pelajar. Cat kualitas seniman (kadang-kadang disebut “profesional”) hadir dalam berbagai warna. Dikenal memiliki konsentrasi pigmen yang sangat tinggi, dan memiliki rating ketahanan yang tinggi. 

Jual Cat Akrilik Warna Pastel

Mau Lihat Peralatan Melukis Ada Apa Aja?

Warna cat pelajar lebih murah, tetapi kekurangannya adalah pilihan yang lebih sedikit, kadar pigmen yang lebih rendah. Dan kemungkinan adanya bahan pengisi yang dapat melemahkan kekuatan warna. 

Perbedaan antara keduanya bukan hanya dari cara pembuatannya – seringkali terlihat bahwa warna. Cat seniman lebih cerah dan memiliki konsistensi yang lebih halus sehingga lebih mudah untuk dicampur dan dilapis.

Jika Anda pemula dan memiliki anggaran terbatas, tidak masalah untuk memulai dengan cat kualitas pelajar. Tetapi saya sarankan untuk beralih ke cat seniman ketika Anda mulai menghasilkan karya seni yang berniat anda jual.

Pilihan lain adalah mengambil jalan tengah dengan menggunakan cat pelajar untuk warna-warna tanah (yang hampir sama baiknya). Tetapi mengeluarkan lebih banyak uang untuk warna-warna murni yang intens. 

Beberapa seniman juga menghemat uang dengan menggunakan cat pelajar untuk lapisan dasar dan menggunakan cat kualitas profesional di atasnya.

Pilihan yang sangat baik lainnya untuk pemula adalah memulai dengan set cat akrilik. Ini akan menghemat uang Anda per tabung dan memberi Anda tempat yang bagus untuk memulai. 

Seringkali membantu pemula untuk tidak terlalu banyak memikirkan tentang bahan dan langsung mulai melukis!

Tumpukan Pigmen

Jika Anda mencari cat kualitas seniman. Anda akan melihat bahwa beberapa warna jauh lebih mahal daripada yang lain (meskipun masih lebih murah daripada cat minyak). 

Hal ini karena beberapa pigmen sangat sulit diperoleh. Beberapa produsen akan mengelompokkan cat mereka berdasarkan “seri” dengan “1” sebagai yang termurah dan “7” yang paling mahal. 

Biasanya, warna-warna tanah adalah yang termurah, sementara warna yang berasal dari kadmium bisa harganya empat kali lipat lebih mahal!

Beberapa merek menawarkan pilihan yang lebih murah dengan menggantinya dengan pigmen sintetis. Tetapi kemungkinan mereka memiliki rating ketahanan yang lebih rendah dan intensitas warna yang lebih rendah. 

Jenis Jenis Cat Akrilik Lautan Display

Ayo Chat Admin Sebelum Membeli Alat Lukis Disini!

Anda dapat melihat ini pada produk dengan mencari kata “hue” setelah nama pigmen. Dengan demikian, saya menggunakan beberapa warna “hue” dalam seni saya dan saya cukup puas dengan kualitasnya.

Ketahanan

Ketahanan, sering disebut kekekalan cahaya, mengacu pada kemampuan pigmen dalam cat untuk tahan lama terhadap perubahan warna saat terkena cahaya. 

Pigmen yang memudar seiring waktu sering disebut warna yang mudah pudar. Sebagian besar warna akrilik memiliki rating ketahanan yang jauh lebih tinggi daripada cat minyak atau cat air. Yang menjadi alasan lain mengapa saya menyukainya!

Ada standar ketahanan cahaya tertentu yang harus Anda cari saat memilih cat. ASTM International (sebelumnya dikenal sebagai American Society for Testing and Materials). Mengklasifikasikan warna seniman berdasarkan uji yang mensimulasikan paparan galeri selama 20 tahun:

Standar Ketahanan ASTM

  1. ASTM I = Ketahanan Cahaya yang Baik
  2. ASTM II = Ketahanan Cahaya Sangat Baik
  3. ASTM III = Tidak Cukup Ketahanan Cahaya

Standar Produsen Biasa

  1. **** atau AA = Warna yang Sangat Tahan Lama
  2. *** atau A = Warna yang Tahan Lama
  3. ** atau B = Warna yang Agak Tahan Lama
  4. atau C = Warna yang Mudah Pudar

Kecuali jika Anda sedang berlatih atau bereksperimen. Saya sarankan hanya menggunakan cat dengan rating ketahanan yang sangat baik atau sangat baik. Anda dapat menemukan rating ASTM pada tube atau toples.

Viskositas

Istilah ini mengacu pada konsistensi atau kekentalan cat. Acrylic heavy body memiliki konsistensi yang tebal dan lembut (mirip dengan cat minyak). Yang mempertahankan goresan kuas dan memfasilitasi pencampuran dan pencampuran warna. 

Di sisi lain, fluid acrylic lebih tipis dan cocok untuk pekerjaan detail, pewarnaan, teknik cat air, dan cat kering.

Tipe mana yang Anda beli tergantung pada gaya lukisan Anda dan preferensi pribadi. Beberapa seniman mungkin menggunakan beberapa jenis dalam satu lukisan yang sama. 

Tetapi jika Anda baru memulai, mulailah dengan Acrylic heavy body yang lebih umum. Karena masih dapat diencerkan dengan air atau medium akrilik jika diperlukan.

Tube atau Toples

Acrylic heavy body tersedia dalam tube atau toples. Berikut adalah perbedaannya: 

Jenis Jenis Cat Akrilik Lautan Display

Mau Melukis Dengan Kanvas? Mulai 5000-an Pesan Disini

  1. Cat dengan wadah Tube kecil sifatnya portable. Tetapi kamu bisa menghemat uang dengan cat  toples karena dapat membeli lebih banyak cat sekaligus. 
  2. Keduanya cenderung memiliki konsistensi yang sedikit berbeda. Cat dari tube berbentuk seperti pasta, sementara cat dari toples tetap tebal tetapi akan rata ketika di palet.
  3. Jika Anda tidak yakin mana yang harus dipilih, mulailah dengan tube dan beli beberapa toples. Setelah Anda menemukan merek dan warna tertentu yang sering Anda gunakan. 
  4. Jika Anda membeli cat akrilik pertama Anda, mulailah dengan tube 2 fl.oz. Yang lebih kecil karena sedikit cat bisa digunakan dalam jumlah yang cukup banyak. Dan Anda ingin tetap memiliki pilihan sehingga Anda dapat bereksperimen dengan merek lain.
Waktu Pengeringan

Banyak seniman menyukai cat akrilik karena mengering dengan cepat. Tetapi ini bisa merepotkan jika cat mengering pada kuas atau palet sebelum Anda selesai menggunakannya. 

Selain itu, jika Anda ingin mencampur cat diatas kanvas dan menciptakan efek pencampuran. Lebih mudah menggunakan cat yang tetap basah dalam waktu yang lebih lama. Untungnya, Anda memiliki beberapa pilihan jika ingin memperpanjang waktu pengeringan cat akrilik Anda.

Bagaimana? apakah masih pusing setelah membaca. Memang benar ada beberapa jenis-jenis cat akrilik yang mungkin pernah ditemui namun karena menggunakan istilah asing jadi kurang familiar. Kamu bisa memahaminya dengan search langsung produk untuk melihat bentuknya.

Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Supplier Stand Banner Cianjur Lautan Display

Supplier Stand Banner Cianjur

Supplier Stand Banner Cianjur – Selamat datang di Importir stand banner Lautan Display. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis

Supplier Stand Banner Ciamis Lautan Display

Supplier Stand Banner Ciamis

Supplier Stand Banner Ciamis – Selamat datang di Importir stand banner Lautan Display. Di tempat ini, Anda dapat menemukan berbagai

Supplier Stand Banner Bitung Lautan Display

Supplier Stand Banner Bitung

Supplier Stand Banner Bitung – Selamat datang di Importir stand banner Lautan Display. Disini, Anda dapat menemukan beragam jenis stand

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping