Format Cetak Banner

Format Cetak Banner

4 Format Cetak Banner yang Direkomendasikan dan Cara Mengaturnya

Cetak Banner – Terdapat empat format cetak banner yang direkomendasikan untuk kamu yang memiliki keperluan dengan percetakan online. Dalam urusan cetak banner atau print desain yang berkaitan, sebaiknya menggunakan keempat jenis tipe file ini. Agar, baik kamu atau tempat percetakan online yang berkaitan tidak merasa kesulitaan saat akan mencetak banner atau desain.

Berikut ini 4 jenis format cetak banner yang sebaiknya kamu gunakan, dan cara mengaturnya agar menjadi tersebut.

Format file Tipe JPG/JPEG

Salah satu format file yang paling disukai oleh percetakan online adalah tipe jpeg atau gambar. Karena file dengan format ini sudah fix dan bisa dibuka dalam aplikasi apapun. Beda halnya jika file dalam bentuk mentahan seperti psd atau eps. Jika font atau bagian dalam desain tidak ada dalam aplikasi editing milik percetakan, maka mereka harus mendownloadnya terlebih dahulu agar bisa membuka file cetak banner tersebut.

Oleh karena itu, rekomendasi tipe file pertama untuk cetak banner atau desain adalah jpeg. Cara men-setting atau mengubah ke dalam format ini juga mudah. Saat mengekspor pilihlah jpeg, maka otomatis file akan berbentuk gambar.

Buat Dalam Bentuk PDF

Tipe file yang kedua adalah pdf. Sama halnya dengan jpg, pdf juga termasuk format file dengan isian fix atau tidak dapat diubah saat masih dalam bentuk itu. Formatnya juga dapat dibuka dengan mudah dalam aplikasi yang banyak digunakan.

Nah, yang perlu diperhatikan saat akan menggunakan format ini, sebaiknya gunakan tipe file photoshop pdf. Atau format file yang diatur saat gambar banner masih dalam aplikasi editing. Misal, klik file, lalu cari save as, dan pilih format file Photoshop pdf.

Hindari mengubah gambar yang sudah dalam bentuk jpeg menjadi pdf dalam situs konversi online. Karena proses konversi dapat menyebabkan gambar dalam pdf pecah atau kualitasnya turun.

Pakai Format PSD

Format PSD adalah format mentahan untuk aplikasi editing adobe photoshop. Penggunaan format ini untuk cetak banner sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, jika ukuran file belum tepat maka seller percetakan online akan dengan mudah mengubahnya. Namun, kekurangannya jika ada font atau unsur dalam desain banner yang diluar default adobe photoshop atau tidak dimiliki oleh aplikasi editing percetakan. Maka percetakan online perlu mendownload unsur tersebut agar bisa ditampilkan dengan baik.

Format EPS

Cetak banner format eps juga hampir sama dengan psd. Perbedaan keduanya hanya pada aplikasi editing bawaannya saja. Jika psd untuk adobe photoshop, maka eps untuk file mentahan adobe illustrator.

Nah, itulah 4 rekomendasi format cetak banner yang bisa kamu gunakan sebelum mengirim file ke percetakan online atau percetakan terdekat. Apabila kamu membutuhkan percetakan online yang lengkap agar bisa memilih aneka bahan cetak banner. Mindi merekomendasikan kamu untuk mampir di percetakan online Lautan Display. Tersedia pilihan kualitas bahan banner yang berbeda, kamu bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Happy Shopping!

Leave a Reply

Artikel Terkait

Cara Pemasangan Tripod untuk Banner

Cara Pemasangan Tripod untuk Banner

Tripod Banner – Beginilah cara pemasangan tripod untuk banner lengkap dengan video tutorialnya. Salah satu bagian penting setelah mencetak banner

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping