Cara Membuat Warna Hitam

Cara Membuat Warna Hitam yang Menarik

Cara Membuat Warna Hitam – Apakah Anda tengah berkegiatan melukis dan membutuhkan warna hitam? Tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki cat warna hitam. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuatnya dengan mudah.

Kami telah menyiapkan 3 metode terbaik cara membuat warna hitam dengan mencampur warna hitam menggunakan cat warna primer, komplementer, dan lainnya. Mari kita mulai mencampurkan warna-warna disini.

Hal Penting yang Perlu Diketahui

Sebelum mulai mencampur warna, alangkah baiknya sobat Lautan Display membaca informasi penting di bawah ini:

  1. Mencampur cat merah, biru, dan kuning dapat menghasilkan warna hitam.
  2. Atau, Anda bisa mencampurkan warna komplementer, seperti merah dan hijau, biru dan orange, atau ungu dan kuning, untuk mendapatkan warna hitam.
  3. Anda juga dapat membuat warna hitam dengan mencampurkan cat biru dan coklat.
  4. Jika warna yang dihasilkan terlihat lebih coklat daripada hitam, Anda bisa menambahkan lebih banyak warna biru atau biru tua.
Cara Membuat Warna Hitam

Bahan yang Dibutuhkan

  • Cat merah
  • Cat biru
  • Cat kuning
  • Cat hijau
  • Cat jingga
  • Cat ungu
  • Cat coklat
  • Palet untuk mencampur cat
  • Kuas atau pisau palet

Cara Membuat Warna Hitam

Metode 1 : Mencampur Cat Hitam
1. Persiapkan cat merah, biru, dan kuning.

Warna hitam adalah warna tergelap, tetapi masih ada tingkatan gelap lain yang dapat Anda buat dengan mencampur cat lainnya. Pilihan warna merah, biru, dan kuning yang Anda gunakan akan mempengaruhi nuansa hitam yang dihasilkan. Pilih jenis cat yang Anda inginkan, baik itu cat air atau akrilik.

Campuran antara aureolin (atau kuning kobalt yang merupakan kuning dingin), rose madder genuine (merah lembut dan pekat), dan cobalt blue (biru kobalt, biru dingin) akan menghasilkan warna hitam yang lembut.

Sedangkan campuran winsor yellow (kuning winsor, kuning hangat), permanent alizarin crimson (merah alizarin permanen, merah menyala), dan winsor blue (biru winsor, biru hangat) akan menghasilkan warna hitam yang lebih pekat.

Cara-Membuat-Warna-Hitam-lautan-display

Ayo Chat Admin Sebelum Pesan Cat Akrilik Disini

2. Tuangkan masing-masing warna cat ke palet dalam jumlah yang sama.

Lebih baik memisahkan setiap warna sebelum mencampurkannya. Untuk mendapatkan warna hitam dasar, tambahkan jumlah yang sama untuk setiap warna.

Anda juga bisa menambahkan lebih banyak salah satu warna (atau dua warna) untuk menciptakan warna hitam yang berbeda.

Jika Anda menggunakan kuas untuk mengambil cat, gunakan kuas yang berbeda untuk setiap warna agar tidak tercampur.

3. Campurkan semua warna cat tersebut.

Anda bisa menggunakan kuas untuk mencampurkannya. Namun ada beberapa jenis cat lukis yang sebaiknya diaduk tidak menggunakan kuas, melainkan dengan pisau palet.

Jika Anda menggunakan kuas untuk mencampur cat, putar kuas dengan lembut dan jangan menekannya terlalu kuat. Hindari menekan kuas terlalu keras ke palet agar tidak merusaknya.

4. Sesuaikan tingkat kegelapan dan nuansa warna hitam.

Objek lukisan yang akan diwarnai akan mempengaruhi rona hitam yang Anda inginkan. Mungkin Anda ingin menambahkan sedikit cat putih untuk mencerahkan warna hitam, atau menambahkan tetes cat biru untuk menciptakan warna hitam yang menyerupai langit malam.

Cara Membuat Warna Hitam

Lihat Harga Alat-Alat Lukis Lengkap Disini

Jika Anda memiliki waktu dan banyak cat, Anda bisa bereksperimen dengan warna. Tambahkan sedikit coklat atau hijau ke warna hitam untuk melukis pohon pinus pada malam hari, atau tambahkan warna kuning untuk menggambarkan pantulan sinar matahari di atas logam hitam.

Sebaiknya hindari memadukan cat menggunakan tangan jika tujuan utamanya adalah mendapatkan cat hitam murni. Karena ada efek karakteristik warna yang berbeda saat cat diaduk dengan tangan.

Metode 2: Mencampur Warna-Warna Komplementer
1. Campurkan cat merah dan hijau.

Mencampurkan warna yang berlawanan pada roda warna akan menghasilkan rona gelap dengan sifat yang saling membatalkan. Anda bisa memilih merah atau hijau tergantung pada nuansa hitam yang Anda inginkan.

Mengombinasikan phthalo green (hijau phthalo, hijau antara biru dan kuning) dengan naphthol red (merah naphthol, merah intens mendekati merah tua) adalah pilihan yang baik untuk mendapatkan hitam yang sederhana.

2. Campurkan cat biru dan jingga.
Cara Membuat Warna Hitam
Cara Membuat Warna Hitam

Teteskan sedikit cat biru, misalnya cobalt blue (biru kobalt), ke palet, lalu tambahkan cat jingga, misalnya jingga terang. Aduk cat dengan lembut hingga terbentuk warna hitam yang mencolok. Sebaiknya gunakan warna biru lebih banyak agar warna hitam yang dihasilkan cukup gelap.

Gabungkan cat kuning dan ungu. Campurkan sekitar 60% cat ungu dan 40% cat kuning, lalu sesuaikan rasio ini untuk mendapatkan rona hitam yang diinginkan. Cat cadmium yellow (kuning cadmium, kuning cerah seperti sinar matahari) yang sering digunakan dapat dicampurkan dengan cat violet (ungu lembayung).

Metode 3 : Mencampur Warna Biru dan Coklat
  • Mulailah dengan warna ultramarine blue (biru tua). Teteskan sedikit ultramarine blue ke palet atau permukaan lukisan Anda. Gunakan biru sekitar 50% dari total campuran kedua cat, dan tambahkan sebanyak yang Anda butuhkan untuk melukis objek secara keseluruhan.
  • Teteskan burnt umber (coklat kemerahan alami) di sebelah biru. Pastikan kedua warna tidak bertemu persis. Berikan jarak sekitar 1 cm di antara keduanya. Kemudian aduk kedua warna secara perlahan. Tambahkan salah satu dari kedua warna tersebut untuk menciptakan rona hitam yang sesuai dengan preferensi Anda.
  • Tambahkan setetes prussian blue (biru gelap). Jika Anda ingin membuat warna hitam yang sudah ada lebih pekat dan gelap, tambahkan sedikit prussian blue. Campuran baru ini cocok untuk melukis kegelapan malam.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencampur cat warna hitam yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Informasi tambahan seputar kanvas bisa dicuci atau perbedaan antar cat lukis, bisa kamu baca di artikel yang berbeda ya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam karya seni Anda!

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping