Bahan Kanvas Lukis

Bahan Kanvas Lukis

Kanvas Lukis – Bahan kanvas Lukis biasanya terbuat dari katun yang ditenun, atau bahan linen untuk kualitas yang lebih rendah. Bahan kanvas Lukis tersebut membuatnya tahan lama dan kokoh, apalagi jika tenunan katun dipadukan dengan serat sintetis. Kanvas bisa menjadi kedap atau tahan air, sehingga bisa dijadikan penutup, seperti tenda.

Mulanya, bahan kanvas Lukis bukanlah dari kapas, melainkan rami yang ditenun. Nama kanvas sendiri awalnya adalah “ganja” yang memiliki arti “terbuat dari rami.” Dilansir dari masterclass.com, kapas mulai ditenun menjadi kanvas sekitar tahun 1500 sebelum masehi oleh orang-orang india kuno.

Barulah saat kain kanvas dan tanaman kapas diperdagangkan hingga menyebar ke berbagai negara. Pada abad ke-8 masehi, produksi kanvas dari kapas mulai terjadi di eropa. Butuh waktu cukup lama hingga pada pada akhirnya pada abad ke 15 dan 16, kanvas menjadi popular digunakan sebagai media Lukis.

Bahan Kanvas Bukan Hanya Untuk Lukis

Kanvas, sejak awal tidak dibuat untuk menjadi media melukis. Hanya saja, karena memiliki daya tahan yang bagus, juga permukaan kain yang cocok untuk melukis. Perlahan bahan kanvas mulai digunakan orang-orang untuk melukis, terutama di eropa. Di mana kanvas Lukis menjadi sangat popular.

Jika kamu hanya mengenal kanvas sebagai alat untuk melukis, ada baiknya untuk menyelesaikan membaca artikel ini. Amat sangat disayangkan, bahan yang kuat juga tahan air saat disatukan dengan serat sintetis ini jika hanya digunakan untuk seni.

Penggunaan Kanvas

Ada banyak penggunaan bahan kanvas dalam kehidupan, kamu bisa melihat daftarnya berikut ini:

Gambar: Jackson Arts
  1. Layar perahu. Layar kapal atau perahu pada mulanya terbuat dari kanvas, namun seiring berjalannya waktu – saat kain sintetis mulai diperkenalkan – bahan layar kapal berubah menjadi kain sintetis yang lebih kedap air.
  2. Bahan tenda. Sangat tidak disangka, kanvas dapat digunakan untuk tenda, tempat berteduh. Namun itu benar adanya, bahkan kanvas menjadi bahan yang popular dalam peralatan berkemah.
  3. Bahan pembuatan tas dan sepatu. Tak hanya sesuatu yang besar seperti tenda dan layar perahu. Bahan kanvas juga telah dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu pasti pernah melihat sepatu kanvas atau tas ransel dari bahan ini.
  4. Sebagai media Lukis. Kanvas yang digunakan untuk melukis biasanya diregangkan di atas bingkai kayu agar lebih mudah dilukis. Namun ada juga kanvas Lukis yang tidak memakai bingkai, melainkan langsung dibalut kain kayunya seperti panel kanvas.
  5. Sebagai latar belakang. Bahan kanvas yang ringan sering dimanfaatkan oleh fotografer atau orang-orang yang menekuni bidang tersebut untuk dijadikan latar belakang atau backdrop. Agar hasil foto mudah diedit dan lebih bersih.

Itulah beberapa fungsi bahan kanvas Lukis yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai media untuk melukis saja. Karena kanvas memiliki daya tahan yang bagus, ringan dibawa dan bisa kedap air juga. Penggunaan kanvas jadi semakin melebar dari pelayaran, seni, hingga fashion dan kebutuhan sehari-hari.

Kanvas Lukis sendiri ada yang berukuran kecil hingga besar. Kamu bisa mengecek ukuran dan harganya di percetakan online lautan display kapanpun kamu butuh kanvas untuk melukis.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Artikel Terkait

Foto Banner Pernikahan

Foto Banner Pernikahan

Foto Banner Pernikahan Foto Banner Pernikahan – Masa masa penuh tantangan sebelum menikah adalah mempersiapkan pernikahan. Ada banyak sekali yang

Jual Standing Banner Kayu

Jual Standing Banner Kayu

Standing Banner Kayu Jual Standing Banner Kayu – Kami adalah supplier standing banner kayu dalam negeri yang menjual aneka stand

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping