Foto Blok Wisuda - Lautan Display

Apa Itu Foto Blok Wisuda? Kenali Media Cetak Foto Yang Lagi Tren 

Apa Itu Foto Blok Wisuda – Wisuda adalah momen berharga yang menandai pencapaian akademis seseorang. Setiap orang pasti ingin mengabadikan kenangan tersebut dengan cara yang unik dan spesial. 

Salah satu cara yang kini semakin populer adalah dengan menggunakan foto blok wisuda. Foto blok atau photo block adalah salah satu cara modern untuk memajang foto, di mana gambar dicetak atau ditempel pada media blok seperti kayu, MDF, atau akrilik. 

Foto blok wisuda sendiri adalah variasi dari foto blok yang khusus dibuat untuk merayakan momen wisuda. Seperti foto blok pada umumnya, tetapi biasanya dirancang dengan tema dan desain yang lebih relevan dengan acara wisuda. 

Agar lebih jelas, Lautan Display akan menjabarkan beberapa poin yang bisa menjelaskan lebih lanjut tentang jenis cetak foto ini, yuk simak!

Baca Juga: Cetak Foto Wisuda Jadi Modern & Minimalis? Ini Rekomendasinya!

Apa Itu Foto Blok Wisuda? 

Foto blok wisuda adalah media cetak berupa blok dengan foto wisudawan yang dicetak di atasnya. Biasanya, foto ini disertai dengan desain yang menarik, mencakup juga nama, tanggal kelulusan, dan mungkin beberapa gambar pendukung.

Material yang digunakan untuk foto blok ini bisa beragam, mulai dari MDF (Medium Density Fiberboard) hingga akrilik, tergantung pada selera dan anggaran.

Foto blok wisuda sering digunakan sebagai hadiah untuk wisudawan, baik dari keluarga, teman, atau lembaga pendidikan. Ini menjadi kenang-kenangan yang bisa di-display di rumah atau di ruang kerja.

Jadi, perbedaan apa itu foto blok wisuda dengan foto blok biasa adalah: 

  • Foto blok wisuda biasanya lebih terfokus pada tema kelulusan dan acara wisuda, sedangkan foto blok biasa bisa digunakan untuk berbagai momen lainnya, seperti pernikahan, liburan, atau potret keluarga.
  • Biasanya, pembuatan foto untuk wisuda sering disertai dengan custom foto atau desain ulang. Pembeli selalu ingin menambahkan latar foto baru, teks, dan elemen desain lainnya yang sesuai dengan acara wisuda.

Adapun ciri khas dari foto blok yaitu: 

  • Bentuk blok atau frame foto tebal, sehingga tampak tiga dimensi dan terlihat memiliki sisi kanan kiri atas dan bawah
  • Jika blok lebih tebal lagi hingga ketebalan tertentu, foto bisa berdiri sendiri tanpa perlu digantung atau menggunakan penyangga. 
  • Gambar atau foto ditempel langsung di atas permukaan blok: Foto bisa dicetak menggunakan stiker, vinyl, atau langsung di permukaan kayu dengan teknik khusus. 

Di antara cara membuat foto wisuda frame blok, yang lebih sering ditemukan adalah cetak dengan stiker dan laminasi. Selain prosesnya lebih cepat, harganya pun masih cukup  terjangkau. Siapapun pasti bisa beli, coba deh cek harga disini.

Baca Juga: Harga cetak foto media kayu MDF jumbo

Kelebihan & Kekurangan Cetak Foto Dengan Frame Block

Pembahasan ini lebih fokus pada cetak foto blok dengan media MDF, karena media inilah yang paling umum dan sedang menjadi trend. Akrilik dan kayu sangat bagus, hanya saja harganya cukup tinggi dan masih sangat jarang. 

Apa Itu Foto Blok Wisuda - Lautan Display

Berikut kelebihan dan kekurangan cetak foto wisuda dengan frame block MDF: 

Kelebihannya:

  • Tidak memerlukan bingkai tambahan atau kaca pelindung
  • Foto bisa ditempel di dinding tanpa paku sehingga melindungi dinding dari kerusakan
  • Dengan lapisan laminasi, foto bisa dicetak dengan tampilan doff atau matte, atau efek glossy/mengkilap
  • Cetak foto dengan stiker ditambah lapisan laminasi, membuat foto jadi tahan lama, tidak mudah pudar, dan terlindungi dari cipratan air 

Kekurangannya: 

  • Meski foto blok biasanya dibuat dari material yang cukup kuat, namun tetap ada kemungkinan untuk mengalami kerusakan. Misalnya, jika terjatuh, foto blok dapat pecah atau retak.
  • Biaya pembuatan foto blok bisa bervariasi tergantung pada ukuran. Bagi beberapa orang, ini mungkin menjadi pertimbangan tersendiri.
  • Foto tidak bisa diganti alias permanen. Beda dengan bingkai tradisional, cetak foto frame blok, foto menempel pada permukaan MDF atau frame, tidak bisa diganti. Jika gambar ingin diubah harus mencetak yang baru dan menempelnya kembali

Baca Juga: Apa Itu Kayu MDF? Plus Minusnya Sebagai Bingkai Foto 

Cara Membuat Foto Blok Wisuda Satuan Atau Jumlah Khusus

Cetak foto dengan frame block MDF memiliki kekurangan, namun beberapa kelebihan juga layak jadi pertimbangan. Untuk membuat cetak foto papan MDF terbaik, coba di Lautan Display

Percetakan online ini memiliki banyak layanan cetak foto, termasuk cetak papan MDF, cetak kanvas, photo paper, foto polaroid dan lainnya. Dengan banyak layanan pembuatan foto, kamu bisa yakin ini salah satu tempat yang tepat. 

Pembuatan frame blok di Lautan Display mungkin memakan waktu 1-3 hari, tergantung banyaknya pesan masuk di hari yang sama dan kapan waktu order masuk. Biasanya, jika kamu order sebelum jam 12 siang, foto langsung dibuat dan bisa dikirim di hari yang sama. 

Mau Cetak Foto Frame Blok? Yuk disini

Jika kamu tertarik mencetak foto wisuda dengan frame blok di Lautan Display, ini caranya:

Cara cetak foto di Lautan Display
  1. Pilih foto terbaik. Siapkan foto wisuda terbaik yang ingin kamu gunakan. Pastikan foto tersebut memiliki kualitas tinggi dan jelas.
  2. Setelah memilih foto, kamu bisa mulai mendesain. Banyak aplikasi desain grafis yang bisa digunakan untuk menambahkan teks dan elemen dekoratif lainnya. 
  3. Jika tidak mau repot mendesain foto sendiri, di Lautan Display, kamu bisa custom foto untuk diedit atau ditambahkan sesuatu. 
  4. Mau buat foto frame blog atau tanya-tanya dulu? chat tim printing Lautan Display di Whatsapp ya
  5. Beritahu ukuran dan jenis frame blok yang kamu mau. Tanyakan pada admin printing ada ukuran frame blok berapa saja, jenisnya, laminasinya, juga harga cetaknya jika perlu. 
  6. Jika kamu tidak keberatan soal harga dan kualitasnya, bisa dilanjutkan pada tahap pemesanan ya

Pembuatan foto frame blok di Lautan Display bisa datang langsung ke tempat, order lewat whatsapp agar lebih cepat dan tidak ribet, atau pesan di marketplace Shopee dan Tokopedia Lautan Display. 

Untuk informasi lokasi, silahkan tanyakan pada admin agar diberikan titik maps sesuai dengan cabang terdekat dari tempat kamu berada. 

Selamat mencoba!

Reference: 

Everything You Need to Know About This Great DecorPhoto Block  

Cetak Foto Media Papan MDF + Bingkai Frame Tempel Tanpa Paku

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping